Kenapa Indonesia Bisa Merdeka?

Mumpung suasana perayaan kemerdekaan Indonesia belum hilang, saya ingin posting tentang semangat nasionalisme. Tulisan ini terinspirasi dari sebuah gelaran wayang (Cenk Blonk).

Sebelum 17 Agustus 1945, Indonesia belum merdeka. Penjajahan masih terjadi dimana-mana, banyak pahlawan gugur. Setiap kerajaan yang ada di Indonesia telah memberikan perlawanan sengit untuk meraih kemerdekaan. Di bidang senjata kita memang kalah dari penjajah, tapi dari segi jumlah pasukan dan semangat bertempur, kita seharusnya menang. Dari segi taktik pun tidak begitu mengecewakan. Lalu mengapa pada waktu itu Indonesia sepertinya susah sekali untuk merdeka? Bayangkan, sekian abad kita dijajah oleh berbagai bangsa. Kita bagaikan seekor sapi peras yang dipaksa untuk menghasilkan susu.

Dari semua faktor yang ada, ada salah satu faktor yang menurut saya belum dipenuhi oleh Indonesia pada saat itu yang menyebabkan Indonesia belum berhasil untuk merdeka. Yaitu faktor yang kini telah ada di salah satu sila Pancasila yaitu : Persatuan Indonesia. Semua perang yang ada pada saat itu hanyalah mengatasnamakan kerajaan, daerah, golongan, dll. Belum ada suatu gerakan yang mengatasnamakan Indonesia sebelum Proklamasi Kemeredekaan Indonesia.

Tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia dengan mengatasnamakan Indonesia dengan Pancasila sebagai dasar negara. Itulah kekuatan utama kita pada saat itu. Pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh” bukan hanya sebuah jargon atau pepatah semata. Karena dengan itulah Indonesia bisa seperti saat ini.

Hati saya sangat miris ketika kini suatu kelompok tertentu ingin merubah Pancasila ataupun memasukkan syariat agama tertentu kedalamnya. Sudah lupakah mereka? Indonesia itu ber-Bhineka tetapi tetap Tunggal Ika. Indonesia bukan hanya milik agama tertentu, Indonesia milik seluruh rakyat Indonesia. Jadi jangan sekali-kali membawa nama agama kedalam negara Kesatuan ini.

Buang saja agama kalian itu jika tetap menganggap Indonesia ini hanya milik agama kalian!

21 comments so far

  1. Kopral Geddoe on

    Hush, saatnya khilafah memimpin Indonesia.
    Persetan Pancasila.

    *kabur*

  2. mr lekig on

    #Kopral Geddoe
    Bunuh Kopral, kejar, serbu, cincang, mutilasi…!!!!

    Hehehehe😀

  3. putradi on

    saya mending buang Indonesia nya saya daripada buang agama saya …

  4. mr lekig on

    #putradi
    begitu ya?
    silahkan saja…

  5. danalingga on

    Pesan saya:

    jika hendak membuang indonesia, berarti harus minggat dari indonesia.

  6. Kopral Geddoe on

    jika hendak membuang indonesia, berarti harus minggat dari indonesia.

    Damn right. Silakan ke arap mana yang anda suka.:mrgreen:

  7. mr lekig on

    #danalingga
    setuju..!!

    #Kopral Geddoe
    Ga usah jauh2, ke tetangga aja dulu.. Sapa tau nanti nyesel..

  8. si muaniZzzzz on

    gimana mo buang indonesia bang…………..lagian segini gedeN……………..bisa-bisa tar malah kelelep sendiri he he he he

  9. mr lekig on

    #si muaniz
    betul

  10. david on

    saya akan mejawab mengapa bangsa kita dijajah 360 tahun baru bisa merdeka 1945. Karena kita kalah terus. kemerdekaan Indonesia adl bukan karena hebatnya para pejuang. Tetapi karena kita beruntung, terjadi Vacum of Power oleh penjajah jepang karena kalah dng America pada perang Dunia II. Dan karena tekanan America bagi bangsa eropa untuk melepaskan semua daerah Jajahannya di asia dan africa.

  11. Adhen on

    betul n setuju…. Negara ini adalah negara kesatuan (negara bersama) bukan negara Islam, Kristen, Hindu maupun Budha! Agama berbeda dgn Politik karena agama adalah pengonrol kehidupan kita bukan penguasa hidup kita!!! Jadi terkutuklah siapapun itu yang ingin merubah falsafah negara ini, karena telah mengkhianati darah-darah yg telah mati untuk terciptanya negara Kesatuan Republik Indonesia (toh Pahlawan bukan hanya saja Islam, tapi Pahlawan semua agama) heheheeh numpang lewat aja… God Bless U All

  12. aditya_jp on

    benarlah seperti yg tertulis dalam NEGARAKERTHAGAMA

  13. imbhonk nhebo on

    Indonesia milik kita bersama……. saatnya kita bersatu tuk menghancurkan hegemoni bangsa lain yang bangsat itu…….

  14. prania gata on

    sembarang banget sih nulis “blg blognya org bodoh emang” manx kalian pintar , kalian tau mengapa indonesia bisa merdeka selengkap nya ! kalian tu jg bodoh jgn blg sembarangan !!!! :/ :p😦 :|]

    • prania gata on

      sembarang banget sih nulis “blg blognya org bodoh emang” manx kalian pintar , kalian tau mengapa indonesia bisa merdeka selengkap nya ! kalian tu jg bodoh jgn blg sembarangan !!!! :|]

  15. prania gata on

    😐

  16. tatang on

    blog gila and g pnya otak meninagn buang indonesia dari pada buang agama kita yaitu islam

  17. F@dhi£ on

    Lalu kenapa indonesia di jajah

  18. dicky on

    Dasar admin bodoh minta ampun

  19. TambhenK on

    Sila 1 pada pancasila:-
    1. Ketuhanan yang maha esa

    Dalam Surat Al-Ikhlas, ayat 1:
    1. Katakanlah “allah yang maha esa”

    Pada pembukaan UUD 1945 ada alenia yang berbunyi:-
    “”Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

    keterangan diatas SUDAH SANGAT JELAS Indonesia 90% dan mayoritas beragama ISLAM serta ideologi-ideologi terlahir dari pemikiran para Pahlawan yg beragama ISLAM.

    Klu tidak suka Bangsa dan Negara Indonesia ini Banyak masukan dari pemikiran-pemikiran agaam islam yaa silahkan MINGGAT dari Negara Indonesia.. simple koq..

    Selama ini hingga detik ini NON MUSLIM sangat DAMAI hidup di INDONESIA karena umat muslim selalu toleransi kepada non muslim sehingga mereka beranak-pinak di bangsa ini.. JADI jangan pisahkan INDONESIA dengan ISLAM.

  20. chechnya on

    Woi indonesia itu milik ALLOH dan harus nya hukum ALLOH yg berlaku bukan hukum syetan pancasila dan uuD sampah 45 ,siapa bilang indonesia udah merdeka,liat brapa banyak kekayaan kita yg dirampok oleh asing melalui tangan pejabat yg mulut nya tiap hari nyanyi indonesia raya,jika kalian ingin mengusir kami orang muslim dari tanah nusantara ini tlong buktikan jika sukarno anjing itu pernah menciptakan seekor lalat,jika kamu tidak bisa mk tdk ada hak kalian utk mengusir kami,tapi kamilah yg akan mengusir kalian ato kalian membayar jizyah kpd kami dng hina.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: