Cinta Segi Tiga Ni Wati – Kisah Poliandri di Gianyar

Kasus kawin dengan lebih dari satu perempuan alias poligami bukan hanya akrab dengan kaum lelaki. Sebuah kasus poliandri alias perempuan yang bersuamikan lebih dari satu lelaki pun bukan isapan jempol semata. Kasus ini diam-diam terjadi di sebuah desa pakraman di Kabupaten Gianyar.

Kisahnya ditemukan Koran Tokoh dari desa itu. Sejumlah sumber di desa tersebut membagi cerita seputar peristiwa poliandri ini. Dua lelaki bersaudara —sebut saja Raka dan Rai— hidup rukun. Raka pun beristri —sebut saja namanya Ni Wati.

Dari perkawinan Raka dan Ni Wati lahirlah dua orang anak, laki-laki dan perempuan. Namun, ada kisah “cinta segi tiga” pascakelahiran anak kedua. Diam-diam Rai jatuh cintai pada istri kakaknya, Ni Wati. Rupanya, Raka maupun orang-orang di desa pakraman itu mengendus aroma kisah asmara ini.

Entah bagaimana asal-muasalnya, hubungan cinta Ni Wati dan Rai terus bersemi. Belakangan lahirlah seorang anak laki-laki —sebut saja I Nyoman Kartala. Masyarakat di desa pakraman itu pun sepertinya mensahkan Rai sebagai ayah kandung si jabang bayi tanpa melalui proses upacara adat/agama.

Walau Kartala sebenarnya secara hukum anak dari Raka. Semenjak kelahiran anak ketiga itu Rai dipanggil Pan Kartala. Sementara itu, Raka (suami sah dari Ni Wati) tidak pernah keberatan kalau adiknya dipanggil Pan Kartala. Ada kesan Raka rela anak ketiga itu berayahkan Rai, adik kandungnya.

Ketersinggungan perasaan pun belum pernah terlontar dari mulut Raka kalau anak yang ketiga yang lahir dari rahim istrinya itu adalah milik Rai. Walaupun cinta Ni Wati terbagi dua, belum pernah pula terdengar Raka bersitegang dengan Rai gara-gara Rai mencintai Ni Wati.

Raka tidak pernah melakukan tuntutan hukum, sekurang-kurangnya awig desa pakraman. Masyarakat di desa pakraman itu pun tenang-tenang saja menyikapi peristiwa poliandri tanpa proses upacara adat/agama. Masyarakat tidak pernah juga mengadakan tuntutan, keberatan, atau sejenisnya akan pelanggaran norma ini. Tidak ada pula anggota masyarakat yang mengatakan desanya leteh dari peristiwa ini karena tidak ada pengaduan dari orang-orang di desa pakraman itu, seperti perselingkuhan yang lainnya.

Kini Nyoman Kartala sudah berumur kurang lebih 30 tahun. Kalau rahasia pribadinya sudah diketahui masyarakat setempat, tampaknya Kartala juga memahami. Seorang warga sempat memancing reaksi Nyoman Kartala, “Kamu anak Pan Kartala?” Nyoman Kartala hanya menjawab, “Soal itu saya tidak tahu”. Kartala pun menambahkan, “Kalau saya dipelihara oleh Pan Kartala sejak kecil, itu benar”. Kartala pun tidak pernah mempersoalkan nama Pan Kartala itu. Ketika sebutan Pan Kartala ini ditanyakan langsung kepada Rai, ia tidak mau berbicara. Klarifikasi pun tidak ada.

Jawabannya hanya, “Saya sudah lupa”. Pan Kartala sekarang sudah memiliki istri yang sah. Ia kawin dengan seorang janda (menjadi sentana). Dari perkawinan yang sah ini lahirlah dua anak. Tetapi, panggilan Pan Kartala tetap melekat kepadanya. Anaknya yang lahir dari perkawinan yang sah ini tidak bisa mengubah nama panggilan “Pan Kartala” sebutan yang sudah melekat itu.

Laki-laki yang pernah dipoliandri Ni Wati itu —walau tidak sah secara hukum ini— tidak berniat juga mengubah nama panggilan ini. Jika ia dipanggil “Pan Kartala” oleh bendesa maupun kelihan adat di forum resmi atau depan masyarakat umum, ia pun tidak pernah mengajukan perubahan nama panggilan sesuai tradisi di desa pakraman, yakni dipanggil sesuai nama si anak dari perkawinan yang sah, sepertinya, bendesa maupun kelihan adat pun mengakui keberadaan poliandri secara de facto (fakta) di desa pakraman itu

Sumber : cybertokoh

28 comments so far

  1. BatakNews on

    blog ini punya ciri khas: tulisan-tulisan di sini lebih fokus ke urusan “tali air”. :D

    kupikir ini menarik, biar orang tidak semudah itu untuk memiliki lebih dari satu istri. aku pribadi tak setuju dengan poligami. itu hanya akal bulus lelaki untuk memerkosa tubuh dan hak asasi perempuan.

    sukses ya kawan untuk blognya, dan salam kenal kembali. salam dari tepi danau toba.
    http://www.blogberita.com

  2. rusxoxo on

    Hanya untuk lelaki yang bangga atas kemampuanya berpoligami :

    >>> Poligami..hihihihi, dasar lelaki ;)) punya otak di kaki :)

  3. mrlekig on

    #bataknews
    terima kasih sudah mampir

    #rusxoxo
    tepatnya kaki bagian dengkul, hehe

  4. irfan on

    salam kenal…kebetulan gw pengen bikin liputan ttg poliandri.pas banget gw baca disini tnyta nyambung.kalo gw pengen dapat alamat nya secara detail ttg cerita ini dimana ya guys? ok gw tunggu di add nya ya di email gw..thanks bro..

  5. mr lekig on

    #irfan
    salam kenal kembali

    tulisan ini saya dapat dari http://www.cybertokoh.com, mungkin anda bisa cari disana. :-)
    makasi kunjungannya..

  6. tedy on

    sekedar info;
    saya juga sekarang lg selingkuhan dgn istri orang krn suaminya tdk beres… niat tulus saya hanya satu nikahi dia setelah dia cerai…

  7. mrlekig on

    #tedy
    busyet dah, selingkuh kok ngaku.. ada yg sedikit hal yg saya kagumi yaitu kejujuran anda (entah itu bermaksud jujur atau sombong krn berhasil menyelingkuhi istri orang)..

  8. Sugito Sampoer on

    keluarga yang poligami atau poliandri iytu sama dengan satu badan berkaki tiga atau seterusnya jadi bisa bayangkan jalanya

  9. Sugito Sampoer on

    Orang yang berpoligami sama halnya binatang. Sebab sistem ini hanya berlaku bagi binatang sebab binatang hanya berkembang biak sesuai dengan alamnya. Tetapi Manusia punya Moral dan Hati. Oleh sebab itu Tuhan melarang manusia berpoligami karena di dalam diri manusia laki dan perempuan mewakili hati Tuhan. Jadi tidak selayaknya bagi Manusia khususnya laki-laki berpoligami.Sebab manusia setelah mati masih harus hidup di dunia lain dimana di sana semua perbuatan yang di lakukan di atas bumi ini harus di pertanggung jawabkan.

  10. mr lekig on

    #Sugito Sampoer
    Kadang sulit memaksakan hal ini kepada orang yg berpoligami, karena itu menyangkut hak mereka sendiri, apalagi bagi pelaku poligami yg mengatasnamakan agama.

  11. dewi noor sani on

    kita harus menerima semua hal apapun sampai pada hal yang kita anggap mustahil dan itu terjadi.
    jangan lah kitaselalu menganggapdiri kita sucidan sok bersih dengan segala rutinitasagama yang sudah kita lakukan serta beberapa hal kejahatan atau dosa yang sudah coba kita hindari sampai detik ini.
    kita tidak pernah tahu….
    siapa yang lebih baik dari kita.
    aku atau kamu atau Rai atau Raka atau ni Wati…

  12. mr lekig on

    #dewi noor sani
    hmmmmmm…

  13. ijul on

    alah basiii….batak sogito lada loe man, jelek2 in org laen jgn nyama ratain smua org poligami man , klo poligami itu mampu jujur dan sama rata pada semanya ga da salah nya yg penting lagi pihak wanitanya setuju klo ga baru tuh bermasalah dari pada kebanyakan org sekarang sok alim ngaku nya cuman satu pasangan tapi di luar maen ama selingkuhan blom lagi yg pada jajan ma wts itu lbh ngerusak akhlak om” ga ada ikatan gmn nantinya ank2 hasil selingkuhan ..ato wanita2 yg jadi budak nafsu elo …mereka bukan binatang yg klo lo da pake di campakan dgn duit trs balik da ke bini loe.pura2 jd pria yg baek2……BASII TAU”

  14. AS_to on

    gw sebelum mengalaminya sendiri jg berfikir Pligami itu hanyalah pembenaran laki2 saja, namun setelah mengalami hal yg membuat gw terjebak di dalamnya… dan bagaimana keluar dari lingkaran ini, baru terfikirkan hal mengenai pembenaran akan poligami….yang mungkin menurut anda sangat tidak mungkin bahkan hanya pembenaran laki2 saja…yah mungkin bentuk pertanggung jawaban masing2 secara pribadi kepada Tuhan akan hal ini….ok salam

  15. ARIDUS MATARAM on

    Ampun. Aku malah dijebak wanita yang mengaku muallaf. Dia punya 2 KTP. Di Bali status kawin, Hindu. Di Surabaya KTPnya janda, Islam. Trus kita maksiat, aku pikir janda sih..Eh, begitu anak lahir, ternyata dia masih punya suami di Bali. Wanita itu Poliandri. Kawin cerai tujuh kali. Dua anaknya sebelumnya juga gak jelas nasabnya. Trus kelgnya mendesak dan nuntut sy sgr kawin. Rumah tanggaku pertama akhirnya hancur. Lalu aku nikah resmi dg si Poliandri itu. Gimana status anak itu? Untungnya aku bertobat. Untuk laki2 yang sudah harmonis, hati2 dg Wanita Muallaf Palsu Gaya Baru..Tks

    saya justru kebalikan dari pengalaman yang dituliskan disana, justru saya istri dari suami yang berselingkuh, dan selingkuhan itu katanya hamil dan sudah melahirkan dari benih suami saya. lalu saya berfikir bagaimana mencari cara agar selingkuhan itu bisa diajak tes DNA.
    tolong solusinya dong?

    ak perlu pakai tes DNA segala. Ntar kayak Rahma Azhari sama Rouf. Keyakinan aja…gimana fisik dan rupa anaknya. Ya, Keyakinan aja..

    HJ. AGA AYU NITYA DHARMANI, SE, MM. TOP WOMEN SPESIALIS PERSELINGKUHAN. AHLI POLIANDRI. KTPNYA GANDA. DI BALI AGAMA HINDU, KAWIN. DISURABAYA, HAJJAH, ISLAM DAN JANDA. PANDAI BICARA, GAUL, INTELEK TINGGI. TAPI JANDA ALIAS KAWIN CERAI SUDAH 7 KALI..KASIHAN KETIGA ANAKNYA. GAK JELAS NASAB, BIBIT BOBOT BEBET, SIAPA BAPAK BIOLOGISNYA DAN AKTE KELAHIRANNYA AKHIRNYA DIPALSUKAN. WAHAI UMAT MUSLIM..HATI2 DENGAN WANITA MUALLAF PALSU. KEHARMONISAN RUMAH TANGGA JANGAN SAMPAI TERKOYAK. WANITA ITU JADI DOSEN UNESA SURABAYA..

    Oh itu..Mbak AYU NITYA mantan pramugari . Aku kenal banget sama orangnya. Dia emang care, pandai promosi, tapi hobbi selingkuhnya juga tidak bisa dihilangkan. Kayaknya karakter keturunan ibunya yang jadi bidan itu. AYU NITYA terkenal kok dimana-mana pintar merayu dan mempermainkan perasaaan laki-laki. Maklum dia kan hiper, maniak dan wanita petualang sejati. Di Komplek AL Kenjeran Surabaya sejak dia SMP perempuan itu liar sekali. Benar kata lentho kalo dia suka merebut suami orang. Aku temannya sejak SD. Rumah tangganya berantakan sampai TUJUH kali. Para mantan suaminya kembali ke isteri n anak-anaknya. Bahkan TIGA anak kandung AYU NITYA sampai sekarang nggak jelas siapa bapak biologis dan akte kelahiran anaknya juga DIPALSUKAN. Orangnya jelita tapi kalo dinikahi jangan keburu deh..Having fun sex aja bolehlah. Lagi pula perempuan murahan kayak gitu apa ideal untuk berumah tangga. Masa lalu kelabu terus terulang meski dengan yang baru. Gitu komentarku ya

    Hingga akhirnya ketika hidup saya berubah, saya bercerai dengan suami pertama. Saat itulah, saya berpikir untuk melirik Islam.
    Nah, ini kata AYU NITYA..TERNYATA DI AGAMA HINDU WANITA BERSUAMI LEBIH DARI SATU ALIAS POLIANDRI TIDAK DILARANG.
    AH, KASIHAN ANAK2NYA YANG GAK PUNYA KEJELASAN SIAPA BAPAKNYA..

  16. ayu nitya on

    AKU JANDA, PETUALANG, GAGAL BERUMAH TANGGA DAN KAWIN CERAI TUJUH KALI. ANAKKU TIGA GAK ADA YANG NGAKUAN JADI BAPAKNYA, KARENA AKU LUPA BENIH PERTAMA ANAK-ANAK ITU DENGAN SIAPA..NAMAKU AYU NITYA. CALL RUMAH 031 382 1155 atau HAPE 081938154470..AKU MASIH KULIAH DI STIKES INSAN UNGGUL SURABAYA, DOSEN DI UNESA, UNIV TRITUNGGAL SURABAYA DAN STIKES SURABAYA..TOLONGIN AKU YA.

  17. doel on

    tulisan-tulisna keren abissssssss…!!!

    slam kenal dari “Doel anak Rantaun”

  18. kucitbali on

    Ayu Nitya@@@ hehehehehehehe..sibuk promosi yagh. xixixixixixixixi…aku ngk tertarik negh. Apalagi janda gituan. Yagh ampyunnnnnnnnnnnnnnnn……
    Biniku azah udah kewalahan ngeladenin….

  19. Edward on

    Dek Ayu Nitya, kalau lagi bikin promosi, udah gak masanya lagi, nyang penting insaflah yang sebenar-benarnya kepada tuhanmu, dan jangan lagi berbuat seperti yang sudah-sudah, agar jangan datang tulah yang lebih berat ama loe ya!. Semoga kamu menyadarinya, dagh….!!!

  20. AYU NITYA DHARMANI on

    ( HJ. I.GUSTI. AGUNG. AYU NITYA DHARMANI ) AKU JANDA, petualang, SUKA SELINGKUH,BERPOLIANDRI,GAGAL BERUMAH TANGGA DAN KAWIN CERAI TUJUH KALI. ANAKKU TIGA GAK ADA YANG NGAKU SIAPA JADI BAPAKNYA, KARENA AKU LUPA BENIH PERTAMA ANAK-ANAK ITU DENGAN SIAPA..NAMAKU I GUSTI AGUNG AYU NITYA DHARMANI . ALAMAT RUMAH, JALAN SURIPTO NO.15 KOMPLEK AL – KENJERAN SURABAYA. CALL RUMAH 031 382 1155 HAPE 081938154470. HAPE 085231215700 hape 081230831290, fleksi 031 77065700. AKU MASIH KULIAH DI STIKES INSAN UNGGUL SURABAYA 031 8292521dan upsi malaysia DOSEN DI UNESA SURABAYA (031) 8280009, 8280803, 8280675, UNIV TRITUNGGAL SURABAYA 031-5922315 DAN STIKES SURABAYA 031 5939466 AKU YAKIN, INI KARMAKU KARENA PAKAI PELET DANSUSUK KECANTIKAN. AKU SERING KESEPIAN, MENGINGAT MASA LALUKU YANG JADI PRAMUGARI NAKAL. SUKA MENJEBAK, MEMPERANGKAP LAKI-LAKI. TERUTAMA YANG TELAH BERISTERI DAN HARMONIS RUMAH TANGGANYA. SEPERTI ULAR BERBISANYA HELLO BAND. ANAK-ANAKKU YANG TAK BERTUAN ITU, SEMUA PADA PROTES KENAPA MAMANYA PUNYA NASIB SEPERTI INI. OHH, TOLONGIN AKU YA. BARANGKALI ANDA-ANDA SEMUA KELAK SUAMIKU YANG KEDELAPAN. MUDAH-MUDAHAN DEH…AKU MASIH ADA JODOH. PLEASE CALL ME..

  21. suzy on

    geli deh……… sebenernya aku mau cerita tapi …… lain hari aja dech k

  22. bagir on

    Kalau saya mengetahui ada kasus poliandri bisakah saya melaporkannya? Kemana? Mohon balasan ke bagir8 [at] yahoo.com

    Terima kasih

  23. Ina rheyna on

    Hemmm,membingungkan sgguh bg aku…tntg poligami

    Bwt q mah engga bgt,

    Ya meskpun gw jd slingkuhan suami urang. Hehehe

  24. rexa on

    mmmmm…. bngung nih mo ngmng ap lg, tp yg jelas hidup itu trkdang menntun kt arah 2 plhan, apa bla kt udh memilih, ya jalani saja. jngn dengerin ocehan orng, krn orang tu cm bs ngmong, tp yg melakukan atw yg menyelesaikan itu diri kt sndiri. so.. untuk yg blm memilih, tlng berpikir dulu mateng2. tp untk yg udh memilih, ya jalani + konsekuen aja dngn apa yg udh dipilih. dan penyesalan slalu ada dibelakan. NB: tp kalo mnurut pndangn pribadi aku, poligami atw poliandri itu adalh hak setiap manusia, terlpas dri hukum pemernthn or agama. kt sma skali tdk bs mlarang pemikiran, imajinasi, fantasi setiap orng. krn poligami atw poliandri itu adalh pemikran, imajinasi, fantasi seseorng..( walaupn itu trjadi pd psngan kt sndiri ).( sakit sih, heheheeh ). jd buat bapak, ibu, cowok, cewek, mbak, atw kang mas yg tidak suka poligami atw poliandri, mngkn pemkirn, imajinasi, fantasi anda2 itu ya cm smpe disitu. ( memang sih terkadang mereka terintimidasi oleh sesuatu, shingga mereka tdk snggp untuk melakukn hal trsbut padahal jauh dilubk hatinya itu pngn bngt.. ya gk.? ). saya faham kok….. heheheheheheeh… and buat si penganut mas gami atw neng andri..heeee…, sya gk mau bnyk komntar, yg pst kalian tau apa yg hrs kalian lakukan dan kalian tau apa yg hrs kalian pikirkan/rencanakn. siapapun kalian, psti kalian itu umat beragam. ( sorry kalo ada yg ateis ), pasti kt tau apa2 saja hal2 yg dikategorikan sah, tidk sah, 1/2 sah, 1/2 tidak sah. ( intinya: ) kalo keimanan tdk mmpu meredam gejolak/hasrat jiwa muda dan fantasi anda, ya monggo lakuakn saja. ( tp tau resikonya kan.? ). dan sbgai manusia yg baik kita harus berhenti, sadar, menyudahi, membuang hal yg tdk brguna bg hdp kt, apapun itu trmasuk hal yg sedang kt bahas dlm blog ini, karna kt tdk akn hdup slamanya. pd akhrnya kt akn meninggl dan menghadap sang khalik, dan apa yg akan trjadi dsana..?????? cari tau aja sendiri, menurut agamanya masing2..hhheeeee

  25. Ari on

    Saya dah pnya istri.saya skrg menjalin hub dg seorang wanita yg sdh bersuami.2th kami menjalani hub.dia smpat hamil &pnya bayi perempuan yg mungil.hub.kami skrg msh berlanjut.

  26. Ari on

    Saya sdh menikah slama 7th&d karuniai 1anak laki2.kami dipisahkan oleh jarak krn faktor kerjaan.saya pulang ke rmh 2minggu sekali.istrinya sering kesepian.saya dengar selintingan berita kalo istriku selingkuh dg perjakan tmn kerjanya.skrg dia hamil 7bulan.&saya tdk mempermasalahkan anak siapa yg dikandungnya.saya bukan lelaki pengecut yg mau menang sendiri.krn saya pun menjalani hub.khusus dg istri atasanku.

  27. iwan on

    aq ‘iwan’ adalah seorang perjaka yg menjalani hubungan ‘indah’ dgn ‘lilis’ wanita yg sudah bersuami dan punya anak,hubungan kami sudah terjalin selama 4thn.

    jujur,aq tulus mencintai lilis,dia juga tulus mencintai aq,aq bukan tipe lekaki yg suka memainkan perasaan wanita,aq serius ingin menikahi lilis,tp aturan agama kami tidak membolehkan wanita berpoliandri,walau keluarga lilis mendukung hubungan kami.

    sebenarnya aq pernah meminta lilis untuk berterus terang sm suaminya,atau aq sendiri yg mau berterus terang sm suami lilis,tapi lilis tidak membolehkannya,alasannya dia tidak tega melihat suaminya kecewa,karena suaminya teramat mencintai dia,walau sebenarnya lilis tidak mencintai dia dan merasa sgt tidak bahagia berRT dgn dia.

    lilis sll berharap Tuhan memberi jalan buat kami untuk melegalkan hubungan kami dgn jalan terbaik (sama seperti harapan aq juga) tanpa ada yg tersakiti,walau kami telah berbuat salah terhadap suami-nya tapi itu hanya Tuhan yg tau.

    sampai skrg kami terus menunggu..
    DOA-KAN KAMI YA!!

  28. iwan on

    hubungan ‘indah’ yg telah aq dan lilis jalin selama 4thn,sekarang telah membuat aq seperti memakan buah ‘simalakama’,disatu sisi aq takut klo harus terus2an berbuat dosa,juga sebagai lelaki aq merasa sgt bersalah karena mencintai istri dari lelaki lain,sementara disisi lain hubungan kami sulit untuk dipisahkan,lilis semakin ‘mengsuamikan’ aq ketimbang suaminya,lilis sering bilang ‘dia mendingan mati,daripada harus kehilangan aq’ dan sejujurnya aq juga punya perasaan yg sama.
    skrg aq benar2 bingung..

    aq menyesal kenapa aq ketemu lilis skrg,maksudnya kenapa aq ga dipertemukan disaat lilis belum bersuami/sudah bukan istri orang? agar aq tidak merasa berdosa seperti skrg ini!
    ya Tuhan,ampuni dosa kami.. dan tolong kasih kami jalan,agar kami tidak terus2an melakukan dosa ini.. ya Tuhan,tolong satukan/pisahkan kami dgn jalan terbaik.. aamiin

    ~ini kisah aq yg nyata,tanpa menyamarkan nama~


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: